Minggu, 21 Oktober 2012

http://majalahnuqthoh.wordpress.com/

Tawakal Lalu Ikhtiar
Dalam upaya meningkatkan mutu ilmiah dan amaliah pengabdian kepada Alloh SWT, perlu dikaji dan direnung ulang, sekaligus evaluasi diri tentang tawakkal kita kepada Alloh SWT, yang sering kali kita ucapkan dengan “pasrah bongkokan”. Tawakkal merupakan amaliah fundamental qolbiyah yang berhubungan dengan keimanan, berpaut erat dengan pilar/rukun iman yang keenam, yaitu iman kepada qadar khoirihi wa syarrihi minalloh. Diharapkan agar kita dapat melaksanakan tawakkal dengan baik dan benar berdasarkan ajaran TQN… Baca selebihnya »

Bahkan Seekor Tikuspun Tidak

KETIKA Mu’awiyah berhasil merebut kekuasaaan dan mengalahkan kelompok Ali ra, yang dilakukan Muawiyah kemudian adalah memadamkan seluruh bentuk pemberontakan dan melibas semua pembangkangan. Selain itu juga dilancarkan aksi-aksi kampanye meraih simpati dari rakyat untuk mendapatkan dukungan. Entah bagaimana, akhirnya telinga Muawiyah mendengar nama seorang wanita pengikut setia Ali ra. Wanita itu berumur 50 tahun. Wanita yang sudah setengah abad itu benar-benar setia kepada baiat, penunjukkan Ali ra sebagai khalifah. Dan dia menganggap Muawiyah tidak lain hanyalah perampok, maniak dan orang gila yang ingin berkuasa… Baca selebihnya »

Aqil Baligh

Manusia dilahirkan memiliki hak-hak kemanusiaan yang harus dihormati tanpa memandang berapa usianya. Bahkan janinpun memiliki hak-hak yang sama dengan orang dewasa. Hak-hak ini melekat baik dalam keadaan sakit, sehat, berakal maupun hilang akal. Inilah yang disebut ahliyah al-wujub yaitu kemampuan manusia yang dipandang sah oleh syara’ berkenaan dengan kata-kata atau pebuatannya, baik yang berhubungan dengan hak Alloh maupun hak manusia… Baca selebihnya »

Nifas

Nifas adalah darah yang keluar disebabkan oleh kelahiran anak. Secara hukum perempuan yang sedang nifas sama halnya dengan sedang haid, baik apa yang diperbolehkan, diharamkan, maupun diwajibkan. Yang berbeda hanya batasan waktu. Dulu dalam tradisi yahudi, perempuan yang sedang menjalani nifas maupun haid dianggap sebagai perempuan kotor yang bisa mendatangkan bencana sehingga harus diasingkan dari masyarakat… Baca selebihnya »

Silaturahmi

Pada jaman dahulu, hiduplah seorang Yahudi yang sangat membenci Rasululloh Saw. Setiap kali Rasul mau melaksanakan sholat berjamaah ke mesjid, pasti ia meludahinya. Tiada hari tanpa meludahi Rasululloh Saw sampai para sahabat yang mengiringi Rasul sangat geram dan ingin membalasnya. Tetapi selalu dilarang oleh Rasul yang agung, “Biarkanlah! Dia tidak tahu, kan saya tidak terluka?!”, demikian jawaban sang inspirator umat menenangkan para sahabatnya… Baca selebihnya »

Aksilah yang Berbicara

Dalam sirah nabawiyyah dikenal tiga kelompok manusia, yaitu mujahidin, mutafaqqihin, dan munafiqin. Mujahidin artinya para mujahid/pejuang. Mereka adalah orang-orang yang langsung terjun di medan perang, ikut terlibat langsung dalam usaha membela umat Islam. Di antara mereka ada yang berjihad dengan anfus (diri)nya saja, ada juga yang dengan amwal (harta)nya saja, dan kebanyakan yang dua-duanya… Baca selebihnya »

Sujud

APABILA anda sedang mengalami stres, tensi anda naik, pusing yang berkepanjangan, atau mengalami gelisah, maka sujud adalah solusinya. Dengan sujud akan terlepas segala keadaan nervous dan penyakit kejiwaan lainnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Muhammad Dhiyaa’uddin Hamid, dosen jurusan biologi dan ketua Departemen Radiasi Makanan di Lembaga Penelitian Teknologi Radiasi… Baca selebihnya »

Teori Jiwa Manusia

SEBUAH teori tentang manusia dalam ajaran Thariqat Qodiriyah Naqsyabandiyah (TQN) yakni konsep pentingnya jiwa (nafs). Kenapa penting? Karena jiwa ini berhubungan dengan sebuah keyakinan seseorang. “Barang siapa mengetahui nafs (dirinya), maka ia mengetahui Tuhannya.” Dapat ditafsirkan dari maksud pernyataan tersebut adalah siapa saja yang mengetahui kelemahan, kehinaan dan kebodohan, kefanaan, dan keterbatasan dirinya, maka ia pasti akan mengetahui kemuliaan, kekuasaan, kemaha-tahuan, dan kebaqaan Tuhannya… Baca selebihnya »

Pendengar yang Baik

ADA 6 elemen yang dikenal di dalam manajemen organisasi; ukuran, keterkaitan tindakan, konteks tempat dan waktu, kondisi sumber daya, komunikasi, dan target hasil.
Dari keenam elemen tersebut, komunikasi dipandang sebagai pusat elemen yang lain… Baca selebihnya »

Lucky Day

LUPAKAN kesalahan. Lupakan kegagalan. Lupakan semuanya kecuali apa yang Anda akan lakukan sekarang dan lakukanlah. Hari ini adalah hari keberuntungan Anda.
“Dan barangsiapa yang bertaqwa kepada Alloh, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Alloh, niscaya Alloh akan mencukupkan (keperluannya)… Baca selebihnya »

Kenyamanan Pada Pendidikan

RASA aman dan nyaman menjadi sebuah faktor penentu berhasil atau tidaknya pola pendidikan yang diterapkan. Peran orang tua dalam menciptakan kenyamanan sangat dibutuhkan agar proses pendidikan anak dapat berjalan lancar. Orang tua adalah orang yang pertama memberikan pendidikan kepada anak… Baca selebihnya »

Harmoni Dzikir Tenangkan Jiwa

MANG Dasman (53) bukan seorang ustadz apalagi kyai yang kata-katanya selalu dinanti untuk penyejuk hati. Juga bukan seorang tokoh yang kedatangannya senantiasa disambut dengan penuh antusias. Pria berputra 7 orang ini hanyalah seorang petani di daerah Wado Kabupaten Sumedang.
Namun siapa sangka, di balik kesederhanaannya itu mampu mempesonakan siapapun juga yang sudah mengenal dirinya… Baca selebihnya »

Inspirasi itu Bernama Semangat Kartini

WANITA beraktifitas di luar rumah menjadi realita yang harus kita akui bahkan oleh kelompok yang jelas-jelas menentangnya. Hal ini membuat perubahan dalam sebuah tatanan masyarakat dan membuka episode baru yang sebelumnya sempat tersisihkan. Tentunya selama aktifitas pengembangan diri seorang wanita tersebut tidak mengganggu pemenuhan kewajiban dan tanggung jawab sebagai seorang isteri dan ibu di dalam rumah tangga, ditambah lagi ada izin dari suami, maka tidak mengapa baginya… Baca selebihnya »

Ziarah ke Makam Abah Sepuh

PADA kamis sore tanggal 5 Pebruari 2009, selepas berkumpul dari madrasah, para wakil talqin menuju ke Makam Abah Sepuh yang berada sebelah barat Masjid Nurul Asror. Puluhan wakil talqin mengambil posisi duduk bersila di Ruang Utama. Makam Abah Sepuh adalah sebuah bangunan yang berdiri di atas tanah seluas lebih dari 200 m2. Bangunan itu terdiri dari tiga ruangan dan memiliki pintu masuk dan keluar dari arah selatan dan timur… Baca selebihnya »

“Sabda Beliau” dan Panggilan “Abah”

Tanya :
Di dalam Tanbih berbahasa Indonesia, ada kalimat ‘Sabda beliau’ yang ditujukan kepada Abah Sepuh, apakah tidak berlebihan?
Jawab :
Perhatikan al-Quran, ‘Ibrahim berkata’ di dalam surat Ibrahim ayat 35, ‘Luqman berkata’ di dalam surat Luqman ayat 13, bahkan ‘syetanpun berkata’ di dalam surat Ibrahim ayat 22. Semuanya menggunakan redaksi ‘qoola’ untuk menunjukkan satu pekerjaan yang sama, yaitu berkata… Baca selebihnya »

Penerapan Dzikrulloh Dalam Kehidupan Bernegara

DEWASA ini rakyat Indonesia tengah diliputi berbagai kecemasan; musibah terjadi di mana-mana. Bencana alam, wabah penyakit, masalah sosial kemasyarakatan, ekonomi dan integritas bangsa menjadi persoalan harian yang mesti dihadapi bangsa ini. Berita-berita di media massa banyak yang mengupas tentang kasus bunuh diri; intinya, dari tahun ke tahun angka stres dan kematian karena bunuh diri di Indonesia semakin meningkat… Baca selebihnya »

Kekuasaan Itu Amanah

Setiap kali terdengar kabar seorang pejabat akan dilantik untuk menempati suatu jabatan, sebagian dari kita tergugah untuk bertanya: Dalam pandangan Islam, jabatan (kekuasaan) itu seperti apa? Apakah seperti judul sebuah artikel: Kekuasaan Itu Ular Berbisa, yang dimuat salah satu harian terbitan Jakarta. Sehingga “Orang yang berakal sehat dan memandang akherat akan menghindarinya”? Benarkah seperti itu?.. Baca selebihnya »

Spiritual Quotient

MANUSIA adalah mahluk yang rentan terjebak dalam konflik bathin antara fisik dan mental, jasmani dan ruhani. Untuk itu Penguasa Alam mengajarkan manusia agar dapat mencapai keseimbangan dalam kepribadiannya dengan memenuhi semua kebutuhan jasad dan ruhnya, tidak berlebihan.
Terwujudnya keseimbangan antara jasad dan ruh merupakan syarat penting untuk mencapai kepribadian harmonis. Keseimbangan hidup berarti menjalankan kehidupan sesuai dengan fitrah Alloh… Baca selebihnya »

Membina Anak Shaleh

SEPASANG suami istri tentu mempunyai niat untuk membentuk keluarga sakinah, keluarga yang dapat menjadikan anggotanya hidup dengan tenang dan tentram seperti yang tercantum dalam al-Qur’an surat ar-Rum ayat 21. Ternyata untuk menuju sebuah keluarga sakinah, tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Kita harus berusaha bersama untuk mencapainya dengan segala perjuangan… Baca selebihnya »

Bismilllah

bismi



1 komentar:

  1. pa ayi pami langganan buletin nuqtoh carana kedah kumaha

    BalasHapus